Sampah ( Kantin )

Kantin sekolah sehat memiliki syarat sebagai berikut:

1. Ada persediaan air bersih untuk mengolah makanan, mencuci tangan dan mencuci peralatan makan.

2. Mempunyai tempat penyimpanan bahan makanan dan peralatan makan yang bebas dari serangga dan hewan pengerat.

3. Ada tempat khusus penyimpanan bahan bukan pangan (sabun cuci piring, cairan anti serangga) yang terpisah dari tempat penyimpanan bahan pangan.

4. Tempat yang bersih dan tertutup untuk pengolahan dan persiapan penyajian makanan.

5. Kasir berada di tempat khusus, minimal orang yang bertugas di kasir tidak bertugas menyiapkan makanan karena kuman penyakit dapat tersebar ke makanan melalui tangan yang habis memegang uang.

6. Mempunyai tempat pembuangan sampah padat, cair dan gas.

7. Pastikan juga jajanan kemasan yang dijual di kantin belum kadaluarsa dan sudah lolos sertifikasi BPOM.

REKOMENDASI : PENANGANAN SAMPAH DI KANTIN

1. Untuk mengurangi sampah an organik jelas kantin menyediakan berbagai jajanan sehat tanpa harus menggunakan kemasan pabrikan/plastik ( kecuali sekolah telah memiliki mekanisme kerajinan daur ulang ,karena kemasan makanan yang dari pabrikan tidak dapat dijual dalam bank sampah ).

2. Kantin menyediakan gelas dan piring untuk kebutuhan makan siswa di tempat,untuk itu sedianya sekolah juga berkewajiban memperhatikan lokasi kantin sekolah yang nyaman. karena saat siswa di kantin melepas lelah dan dahaga sebagai ajang kumpul dan ketemuan antar siswa . suasana yang baik akan berdampak baik bagi siswa.

3. Sediakan Komposter ( media pengolah sampah organik menjadi pupuk organik), apakah kehadiran komposter mengganggu? ini yang sebagian besar dipertanyakan. Namun jika komposter di gunakan sesuai prosedur dan tatalaksana yang ada maka komposter tidak menghasilkan bau tidak sedap alias tidak mengganggu.

4. Tetap memberikan himbauan berupa tulisan dalam papan pesan untuk tetap menjaga kebersihan, meletakkan sampah sesuai jenisnya dan jangan lupa cuci tangan pakai sabun. 

5. Peran aktif penjaga kantin menjadi prioritas utama dalam mengelola kebaikan kantin sehat.( by shind)

Tinggalkan Balasan