Hari Peduli Sampah Nasional 2018

Hari ini 21 Februari 2018 dilaksanakan kegiatan peringatan Hari Peduli Sampah Nasional 2018, sesuai dengan temanya ” Sayangi Bumi , Bersihkan dari Sampah” di MTSN 1 Sleman. Bersama 630 Siswa dan Guru acara dilaksanakan saat istirahat pelajaran dengan Apel Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional, Berdoa bagi korban musibah longsor sampah di tahun 2006, Sosialisasi Bank Sampah dari Kecamatan Seyegan, serta ditutup dengan menimbangan sampah dari kelas-kelas. Acara juga dihadiri para penggiat lingkungan serta media. 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dalam acara peringatan Hari Peduli Sampah 2018 ini, dimaksudkan lebih memberikan pengetahuan tentang pengelolaan sampah serta meningkatkan rasa kepedulian bagi seluruh warga sekolah. Bahkan melibatkan peran aktif orang tua siswa  dengan menyetor sampah satu siswa 1 kg  dari rumah. ” Orang tua siswa diajak langsung berperan dengan membawakan sampah anorganik  untuk disetor bersama-sama , ini juga sebagai motivasi kepada siswa bahwa sampah tidak menjijikan jika dipilah dengan baik, bahkan menghasilkan rupiah ” ungkap Drs. Daryono Kepala Madrasah Tsanawiah 1 Sleman.

 

 

Di MTSN 1 Sleman telah lama mengelola sampah , khususnya sampah organik dengan “Jugangan Organik ” maupu dengan komposter. sedngkan sampah anorganik dibuat kerajinan dan Bank Sampah.  Untuk mendukung kelangsungan pengelolaan Bank Sampah dari LSM Shind Jogja  di rintis penggunaan Aplikasi Online Bank Sampah Online Terpadu. ” Jadi seluruh  pengadministrasian  bank sampah dikelola secara digital, mulai dari penyetoran, penimbangan,pencatanan sudah tampil semua diaplikasi, bahkan barangnya secara periodik langsung di angut dan di beli oleh Shind. Pembayaran sangat praktis krn melalui buku tabungan dan ATM yang sudah kami sediakan ” penjelasan dari Abi Mahendra dari Shind Jogja.

Acara Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional 2018 ini juga menghadirkan pembinaan dari Kecamatan Setempay yakni Kecamatan Seyegan.

 

 

 

 

 

 

 

 

Sumber : Redaksi Shind Jogja 21 Februari 2018

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Translate »