DUTA ENERGI 2018

Duta Energi adalah kegiatan yang dilakukan LSM Shind bersama Fakultas Teknik Universitas Proklamasi 45 dan PT. Swastisiddhi Amagra kepada sekolah di DIY khususnya sekolah yang berkomitmen kuat dalam mengelola dan melindungi lingkungan hidup di sekolah dan sekitarnya.

Sesuai dengan semangatnya Duta Energi merupakan kegiatan pembinaan dan pendampingan kepada 50 sekolah dari SD,SMP dan SMA sederajat  untuk bersama-sama berdiskusi, mencermati dan belajar bersama tentang Audit energi listrik di sekolah, Inovasi energi terbarukan dan audit emisi karbon di sekolah.

Peserta diberikan pelatihan teknis baik teori maupun praktek dengan berbagai peralatan hasil karya Fakultas Tehnik UP 45  , Talkshow Energi Migas dengan berbagai praktisi Nasional, Kunjungan dan melihat langsung pameran Migas Nasianal di Hotel Tentrem , Workhop, Kunjungan ke sekolah dan masih banyak kegiatan lainnya.

Tujuan dari kegiatan Duta Energi ini adalah meningkatkan pengetahuan dan menggali peran aktif warga sekolah untuk melakukan effisiensi enerli listrik di sekolah dan merangsang menemukan inovasi energi baru terbarukan sebagai energi alternatif di masa depan.

Konsep kegiatan ini sangat matang dengan melibatkan seluruh tim kreatif LSM Shind serta Tim Produksi yang selalu mendokumentasi kegiatan secara audio visual. Sehingga peserta merasa senang dan antuusias mengikutinya.

Hasil akhir yang hendak dicapai dari kegiatan Duta Energi 2018 ini adalah membangun kelompok kerja (Pokja Energi di Sekolah ), Memiliki dokumen audit energi listrik, Memiliki rencana kerja bagi Pokja dan Guru pembimbing Pokja energi, Menyusun RPP terintegrasi dengan Energi , Menyusun kajian lingkungan sekolah terkait energi alternatif  dan sekolah dapat mengetahui emisi karbon di sekolah.

Kegiatan ini berlangsung sejak pertengahan Maret 2018 dan akan berakhir pertengahan Agustus 2018 dengan memberikan penghargaan Gogeen School dengan kriteria Duta Energi terbaik bagi Kepala Sekolah, Guru Pembimbing,Kader Siswa, Pokja energi  dan sekolah yang memiliki kreatifitas dan inovasi terdepan .

Sekolah juga akan terus mendapatan bimbingan selama tahun 2018, dan akan dilanjutkan Gogreenschool 2019 dengan kategori materi yang lebih beragam tidak hanya energi namun juga bank sampah online terpadu , Kantin sehat aman dan ramah lingkungan dan Jurnalis muda lingkungan sekolah.

Translate »